Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : Al-Qur’an
Kelas/
Semester : XI
Pertemuan
ke :
Alokasi
Waktu : 1x 20 menit
A.
Standar Kompetensi
Memahami Ayat Al-qur’an tentang waktu
B.
Kompetensi Dasar
Memahami isi kandungan surat Al-ash tentang pentingnya waktu
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Membaca
surat Al-‘ash
2.
Menerjemahkan
surat Al-a’sh
3.
Menghafalkan
Al’ash
4.
Menjelaskan
pentingnya waktu
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan proses belajar ini, siswa mampu:
1.
Menghafal
surat Al-‘ash
2.
Menggali
isi kandungan surat Al-‘ash
3.
Mengamalkan
dalam kehidupan sehari-hari
E.
Materi Ajar
1.
Surah
Al-‘ash dan terjemahannya
2.
Contoh-contoh
orang yang menggunakan waktu dengan baik
F.
Pendekatan dan Metode/Strategi
1.
Pendekatan :
2.
Metode/Strategi : Ceramah, Active Learing, Games
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Pendahuluan
a.
Menarik
perhatian siswa/ memberi motivasi.
b.
Apersepsi (menanyakan
tentang materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
untuk menghubungkan dengan materi sebelumnya).
2.
Inti
a.
Eksplorasi
-
Siswa
mendengarkan uraian guru tentang pengertian waktu.
-
Siswa dibagi
beberapa kelompok
-
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan tentang waktu
b.
Elaborasi
-
Siswa mencari
jawaban dalam buku teks atas pertanyaan yang di ajukan guru.
-
Siswa dan
guru saling Tanya jawab atas jawaban yang didapatkan dalam buku teks.
-
Guru meminta
siswa secara bergiliran untuk membacaka surat al-ash.
-
Sisw21a
diminta untuk mendiskusikan surat al-‘ash
-
Guru menuntuk
sasal seorang siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi
c.
Konfirmasi
-
Guru memberi
umpan balik terhadap proses dan hasil diskusi.
-
Siswa dan
guru bersama-sama menyempurnakan menyimpulkan hasil hasil diskusi.
3.
Akhir
-
Guru
memotivasi kembali siswa agar dapat memanajemen waktu dengan baik.
-
Guru memberikan
tugas individu/ kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
-
Mengakhiri
pembelajaran secara islami.
|
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Tes
lisan
2.
Bentuk
Instrumen
a.
Tes
lisan
-
Jelaskan
pengertian manajemen waktu.
-
Jelaskan
inti surat Al-‘ash
-
Berikan
contoh orang-orang yang memanajemen waktu dengan baik
-
Bagaimana
cara memanajemen waktu yang baik
-
Setoran
hafalan surat Al-‘ash
b.
Pengamatan
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
||
Perhatian
|
Keaktifan
|
Tanggung
jawab
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penugasan
: Siswa diminta untuk mengamti masyarakat disekitarnya yang memanajemen waktu
dengan baik.
I.
Media dan Sumber belajar
1.
Media
a.
Papan
Tulis
b.
Lcd
c.
Kertas
asturo
2.
Sumber
Belajar
a.
Ady
Prasetya, Demi Waktu,(Yogyakarta: Diva Press, 2013).
b.
Ady
prasetya, Manajemen Waktu, (Yogyakarta: Diva Press, 2013).
c.
Shlikhin
Abu Izzudin, Zero To Hero, (Yogyakarta: Pro-U Media, 2010).
Yogyakarta,
9 Maret 2013
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Pratikan
adi kamu uda punya buku sendri???
BalasHapus